Skip to main content

Antara Sekolah dan Tempat Main Anak

Tadi pagi liat berita di tv, bahwa di Bandung tempat main anak di mall mulai diizinkan untuk beroperasi kembali. Di Jakarta sendiri, beberapa tempat main anak juga sudah dibuka. Setelah setahun puasa ke mall, dua minggu lalu ceritanya ku kepo dan penasaran seperti apa sih kondisi mall saat pandemi. Surprisingly kaget, karena rame kaya normal aja gitu, bingung sih harus seneng apa sedih haha kaya seneng sih roda perekonomian tetep jalan, tapi sedih juga kaya kok manusia-manusia ini pada gak takut ya (wey iya aku juga kaget kok aku berani) setelah dipikir mungkin emang manusiawi banget rasa jenuh dan butuh hiburan itu sih kayaknya, yang penting aku berusaha banget patuh prokes dan gak lama-lama di dalam mall.


Lalu, teringat mertuaku yang seorang guru SMP bercerita mengeluhkan tentang kondisi mengajar secara daring yang sulit. Mulai dari belum kenal dengan siswa (iya, beliau menjadi wali kelas 7), siswa yang tidak mengerjakan tugas dan sulit dihubungi, sampai koneksi internet yang turun naik. 


Kemudian aku berpikir, kalau tempat main anak sudah boleh dibuka, kenapa sekolah tidak diizinkan ya? Padahal jika terjadi kasus positif, sepertinya lebih mudah untuk di tracing dibandingkan positif saat main di mall kan ya?


Protokol kesehatan pun aku yakin lebih bisa di atur saat masuk sekolah. Menurut ibu mertuaku, sekolah sudah membuat peraturan-peraturan seperti jam belajar diperketat, dari seharusnya masuk jam 7 pagi pulang jam 3 sore, menjadi masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang dan tidak diperbolehkan pada saat jam istirahat ke kantin, siswa harus membawa bekal masing-masing, dan guru pun akan stay di kelas mengawasi siswa.


Aku pun juga tergiur untuk mencoba main di playground saat pandemi, ini terjadi sudah 2 minggu yang lalu dan alhamdulillah tidak ada tanda-tanda mengarah positif makanya aku berani sharing hehe. Menurutku saat di playground prokes sudah lumayan bagus, tapi belum terlalu ketat karena tidak ada penyemprotan disinfektan per 1 atau 2 jam sekali, hanya dilakukan saat sebelum dan sesudah jam operasional, menurutku sih ini kurang karena anak-anak masih banyak yang tidak menggunakan masker selama bermain, terkadang masih dilepas dan kita gak tahu si anak ini membawa virus atau tidak hehe.


Yaa begitulah hidup di masa pandemi seperti ini, kita harus hidup berdampingan dengan virus covid ini seperti berdampingan dengan virus lazim lainnya seperti influenza. Menurut hitungan manusia, pasti masih akan lama kita mengalami hal ini, tapi jika kita tetap berusaha dan berdoa meminta kepada Allah, aku yakin apapun bisa terjadi.


Jadi, kapan ya kira-kira sekolah boleh beroperasi lagi? Akutu jujur pengen sekolahin Kai biar kemampuan sosialnya berkembang. Ah, kayaknya enak nih next kita bahas perlukah anak balita sudah mulai masuk sekolah?


Comments

  1. Iyayah pingin gitu nyekolahin anak.. Tapi worry juga..
    Ditunggu tentang perlukah balita sudah mulai masuk sekolah😁❤

    ReplyDelete
  2. iya bund, bingung anak jd jrg sosialisasi sm seumurannya. mau main kelamaan tkt, gamain kasian. 😞 mana sbntr lg paud anakku

    ReplyDelete
  3. Aku jg pengen sekolah masuk. Tp udah pewe sama sekolah Dirumah. Gak repot Anter tiap pagi. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Yes bener penting babnget tatap muka disekolah mom

    ReplyDelete
  5. Kita do'a in aja semoga dalam waktu dekat pemerintah punya solusi yang tepat. Kasian juga lihat anak anak jadi kebanyakan mainnya sekarang ketimbang belajarnya.

    ReplyDelete
  6. Aku tim nyimak mom, hehehe
    Aku juga bingung pandemi gini gimana caranya si kecil bisa bersosialisasi tanpa takut dengan adanya virus tsb .

    ReplyDelete
  7. Aku setuju sama pendapat mak. Sekarang di mall ramai banget apalagi kalau weekend. Semoga pandemi cepat selesai ya. Amin

    ReplyDelete
  8. Sama mom. Aku pun bingung kenapa sekolah masih belum diperbolehin ya ? Padahal sarana umum udah mulai beroperasi ya. Aku pun mau sekolahin anak ku nihh

    ReplyDelete
  9. Ayahku juga seorang guru mom, beliau juga suka ngerasa prihatin sama anak didiknya, yang sekolah tatap muka pun masih banyak yg perlu di ubah perihal perilaku anak didiknya, apalagi ini sudah 1tahun sekolah daring, ayahku takut klo nantinya anak didiknya berprilaku semau maunya mereka aja karna off sekolah tatap muka selama 1 tahun, sedih ya

    ReplyDelete
  10. Yaampun, ini si kakak udah bosen banget kali ya ngajakin Ibunya ke Playground, tapi masih deg-degan banget buat ngajak ke Playground. Mungkin akan berani kalo nanti sudah divaksinasi semua kali ya

    ReplyDelete
  11. Anakku udaah bosen banget di rumaah,, mau sekolah lagi, ketemu sama teman2. Kalau main ke playground aku belum coba sih kaa, masih agak khawatir,, 😅 Semoga segera normal kembali yaa. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Gpp sabar sedikit tp anak aman.. sebenernya aku pun kangen kumpul keluarga huhu.. semoga Ramadhan tahun ini sudah mulai bisa tarawih di masjid yaaa

    ReplyDelete
  13. Semoga tahun ini sekolah dibuka yaa, akupun pgn sekolahin anakku nih mak.. Tapi klo mesti daring ntar2 dulu deh huhu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Softex Celana Menstruasi

Hai semua, kali ini aku mau review salah satu produk yang dibutuhkan perempuan setiap bulannya. Namun, produk ini bukan sekedar pembalut menstruasi biasa, melainkan berbentuk celana. Produk ini seperti menjawab kegalauan aku yang menstruasi hari kedua sampai ketiganya tuh heavy flow banget, padahal udah pake yang panjangnya 36cm sampai 42cm, tapi kadang masih bocor juga (heran banget). Sebetulnya, sehabis melahirkan juga pernah sih pakai popok dewasa yang bentuk celana, kalau gak salah sih waktu itu Oktober tahun 2018 belum ada produk ini ya, tapi untuk celana yang khusus menstruasi ini menurut Mbah Google baru launching di 1 Desember 2018. Jujur, aku juga baru tau produk ini tuh sekitar tahun 2020 deh haha, mau beli tapi masih maju mundur, pas banget kemarin aku dapat sample nya dari tempat sewa mainan Kai di gigel hahah, jadi sekalian kita review yuk, siapa tau membantu buat yang masih ragu mau beli. Pertama, mari kita lihat spesifikasi produknya. Merk           : Softex Celana Mens

Aku dan Microphone

Hai semuanya, kembali lagi bersama akuu dalam acara curhat dong buunnnddd.... eh salah yah hahaha. Duh udah lama banget gak menyapa para pembaca setia blog ku hihi, ada gak ya? ada dong insyAllah hehe. Jadi, kali ini aku mau cerita mengenai sisi lain kehidupanku, jauh sebelum menjadi seorang istri dan seorang ibu anak 1. Kita balik ke jaman SD dulu yah hahaha, jauh banget gak tuh? gapapa lah yaaa, aku juga lagi berusaha sambil mengingat-ingat juga nih sekalian nostalgia haha. Cerita throwback kali ini banyak berhubungan dengan microphone. Kenapa microphone? karena secara gak sadar memang sejak kecil ternyata aku sudah akrab dengan benda ini sepertinya haha. Dulu zaman SD, sempat ikut lomba puisi di museum Satria Mandala seingetku, menang gak ya waktu itu? kayaknya bukan juara 1 sih tapi juara harapan kayaknya haha soalnya gaada pialanya deh di rumah. Selain lomba puisi, waktu itu pernah ikut lomba paskibra juga tingkat kecamatan (asik), waktu itu aku jadi pengibar benderanya, inget ban

Tummypedia - 3 Langkah Hebat Dukung Kesehatan Perut Anak

Halo mommies, apa kabarnya? Semoga masih waras menemani kegiatan si kecil selama pandemi ini ya. Apakah si kecil sudah buang air besar hari ini? Jangan lupa selalu dipantau ya mom, karena pencernaan itu ibarat otak kedua bagi manusia.  Apakah mom sudah tahu kriteria pencernaan yang baik? Kalau belum aku mau berbagi sedikit ilmu dari webinar yang diadakan @bebeclub Bersama dr. Gia Pratama (Pemerhati Kesehatan Anak) mengenai mitos-mitos masalah perut si kecil yang sering salah, kriteria pencernaan yang baik, serta tips untuk menjaga kesehatan penceraan anak. Aku coba sharing mengenai kriteria pencernaan yang baik dulu ya mom. Menurut dr. Gia, berikut merupakan beberapa kriteria pencernaan yang baik : Frekuensi buang air besar teratur, 1-2 hari sekali, jika sudah lebih dari 4x maka terindikasi diare, 2-3 hari sekali terindikasi konstipasi. Konsistensi feses tidak keras dan tidak encer. Buang gas dan sendawa. Berat badan dan mood anak stabil dan terjaga dengan baik. Kulitnya sehat,